Belajar AutoCAD Sendiri

Tuesday 10 November 2015

Belajar Cara Menggunakan AutoCAD 2010 dengan Mudah

Cara menggunakan autocad 2010 yang benar mungkin menjadi pertanyaan bagi anda yang belajar AutoCAD secara otodidak. Dan terkadang kita bingung untuk mulai belajar AutoCAD dari mana dulu. Namun sebelum itu baiknya ada mempelajari studi kasus berikut, untuk membantu anda saat proses belajar nanti.

Persiapan sebelum mulai AutoCAD



Apapun AutoCAD yang anda gunakan untuk belajar sebenarnya tidak jauh berbeda command dan caranya. Kenapa bisa begitu? AutoCAD memang tiap tahun berganti versinya anda bisa lihat di artikel ini, untuk mengetahui perdedaan di tiap versinya.

Tahukah anda, sebenarnya buku - buku Tutorial AutoCAD yang dijual di luar sana isinya hampir sama semua? Kenapa bisa terjadi seperti itu? Alasannya sebenarnya mudah, banyak dari penerbit atau pengarang yang malas untuk membuat buku baru, dan lebih memilih untuk mengedit buku lama. Contohnya saja buku AutoCAD 2007 2D dengan AutoCAD 2010 2D isinya hampir sama, hanya beda di screenshot gambarnya saja. Pada prinsipnya memang tidak salah, karena Cara menggunakan tools dan perintahnya memang tidak jauh berbeda.

Nah dari studi diatas, bisa disimpulkan, bahwa mungkin anda menggunakan AutoCAD 2007 atau versi yang lebih tinggi misalnya AutoCAD 2013 untuk belajar AutoCAD, sedangkan di tutorial ini kami akan menggunakan AutoCAD 2010. Anda tidak perlu kuatir karena caranya sama dan langkah - langkahnya juga sama. Tapi tetap saya sarankan untuk menggunakan AutoCAD 2007 keatas ya, biar tidak terlalu ketinggalan nantinya.

Cara Memulai Program AutoCAD

Bagi anda yang sudah mengenal komputer mungkin tutorial sederhana ini boleh anda lewatkan. Seperti yang sudah kami jelaskan, kami akan pakai AutoCAD 2010. Lihat dan perhatikan gambar dibawah untuk memulai AutoCAD.

Cara Menggunakan AutoCAD

Memulai AutoCAD bisa dengan cara double klik pada Icon AutoCAD. Biasanya setelah itu anda akan langsung dibawa ke Interface AutoCAD seperti gambar dibawah ini.

Interface AutoCAD 2010

Untuk cara yang kedua Memulai AutoCAD bisa dari Start Windows trus pilih program AutoCAD, lihat gambar dibawah untuk detailnya.

Memulai AutoCAD

Cara Mengakhiri AutoCAD

Setelah anda bisa dan mengerti cara memulai program AutoCAD, selanjutnya kita belajar cara mengakhirinya. Untuk mengakhiri aplikasi AutoCAD anda tingal klik icon close disebelah kanan atas atau pilih File >> Exit.

Cara Menggunakan AutoCAD

Setelah lancar membuka dan menutup program AutoCAD, yang harus dipahami selanjutnya adalah cara menggunakan AutoCAD. Untuk mempelajari AutoCAD bukanlah sesuatu yang sukar, namun memang dibutuhkan keseriusan dan kedisiplinan. Tools dan Command yang digunakan pun bisa dibilang banyak. Belum lagi anda harus menghafal langkah - langkah dari setiap tools atau command yang sudah diberikan. Cara menggunakan AutoCAD tentu tidak bisa kita bahas hanya dengan 1 postingan saja. Nah untuk mulai belajar AutoCAD anda bisa kunjungi Link berikut ini:

  1. Pengertian AutoCAD
  2. Persiapan Sebelum Mulai Menggambar AutoCAD
  3. Kunci Belajar AutoCAD Untuk Pemula
  4. Tutorial Lengkap AutoCAD 2D
Setelah anda buka link - link tersebut, pelajari dan pahami fungsi - fungsi dasar yang ada di AutoCAD. Dan Jangan bosan untuk sesekali mampir dan kunjungi blog ini, karena kami akan update tutorial dan trik untuk belajar AutoCAD secara online dan gratis.

Okey sekian dulu ya artikel dari kami. Semoga apa yang kami sharing kali ini berguna bagi anda sehingga anda sedikit mengerti cara menggunakan AutoCAD, dan ternyata belajar AutoCAD itu gampang ya :D.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Belajar Cara Menggunakan AutoCAD 2010 dengan Mudah

Dukung Kami Dengan Like Facebook Kami
×