Belajar AutoCAD Sendiri

Wednesday 4 November 2015

Kunci Belajar AutoCAD Mudah dan Cepat Untuk Pemula

Belajar AutoCAD - Bagi anda yang mau belajar AutoCAD, diperlukan kesabaran dan ketelatenan, apalagi kalau anda belajar secara otodidak. Tentunya butuh keseriusan dan kedisiplinan yang lebih jika dibandingkan dengan mereka yang belajar langsung dari ahlinya ataupun dari kursus.

Namun modal serius dan disiplin saja tentu tidaklah cukup. Sudah banyak diluar sana orang yang ingin mahir AutoCAD namun tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Penyebab kegagalan itu antara lain karena keterbatasan waktu, minimnya pengalaman komputer, tidak adanya mentor / pengajar, terlalu sibuk dengan urusan lain dan beribu alasan lainnya.

Jadi apakah anda merasa tidak mampu atau menjadi putus asa? Tentu tidak! Semua ilmu bisa dipelajari, dan kalau orang lain bisa, apa alasan anda tidak bisa?


Untuk belajar AutoCAD, anda bisa upgrade kemampuan anda lewat media online, kursus, ataupun dari buku yang terjual bebas dipasaran. Dan mulailah menentukan target serta mencoba dengan perintah - perintah umum dan mudah.

Belajar AutoCAD secara otodidak itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Saya sendiri mulai menggunakan AutoCAD sewaktu masih di sekolah itupun hanya dasar - dasar saja. Dan kebanyakan skill yang saya dapat saat ini saya pelajari sendiri secara otodidak maupun dari media online dan youtube.

Kunci Sukses Belajar AutoCAD.


Untuk belajar autocad cepat, sebenarnya tergantung dari kita masing - masing, bagaimana metode belajar kita, dengan siapa kita belajar, dan seberapa tinggi tingkat pemahaman kita. Dulu sewaktu saya masih mengajar kursus AutoCAD untuk 1 paket 2 Dimensi sendiri, hanya memerlukan waktu 8 jam untuk tingkat dasarnya (tentu berbeda jika belajar tingkat intermediate).

Jadi pada dasarnya tidak dibutuhkan waktu lama untuk belajar AutoCAD dasar. Misalkan saja memahami perintah Line, Rectangle, Circle, Trim, Extend, Text, Dimension, Layers, Block, Hatch, Plot dan tools dasar lainnya hanya butuh waktu yang singkat. Untuk anda yang ingin belajar tutorial dari kami, silahkan klik disini.

Setiap kita memberikan perintah di AutoCAD maka akan ada banyak perintah dan langkah yang harus kita ikuti. Nah kunci untuk belajar AutoCAD adalah berikan perintah dan lihat di baris command promp, lalu ikuti instruksi selanjutnya.

Hanya itu aja? Yap hanya itu saja. Contohnya saja Saat anda memberikan perintah LINE, maka akan ada "Specify first point" itu adalah perintah untuk menentikan titik awal, berarti tinggal kita klik untuk menentukan titik awal. Setelah itu muncul lagi "specify next point" tinggal tentukan titik selanjutnya, itu saja kuncinya.

Banyak diluaran sana buku dan referensi yang mengajarkan secara detail namun tidak pernah memberikan kunci yang jelas. Apalagi harus menggambar dengan mode koordinat yang menurut saya tidak efektif dan membuang - buang waktu.

Anda ingin mahir AutoCAD? Lakukan perintah demi perintah secara berulang - ulang dan jangan bosan. Saat anda sudah bisa dengan satu perintah misalkan Line / Garis anda bisa pelajari perintah lainnya seperti Circle, Rectangle, Trim, Extend dan lain sebagainya. Tapi usahakan anda menguasai satu perintah barulah beralih ke perintah lainnya. Jadi kuncinya hanya berikan perintah dan ikuti perintah selanjutnya.

Belajar AutoCAD Secara Fleksibel dan Kreatif.

Flexible

Terkadang sering kali kita terpaku pada langkah - langkah di buku atau dari orang yang mengajar kita. Tapi coba untuk upgrade dan menggunakan imajinasi saat menggambar. Gunakan fungsi - fungsi di AutoCAD secara maksimal.

Saat anda belajar menggambar dulu mungkin anda diarahkan untuk membuat sebuah kotak dengan menarik garis satu persatu. Tentu akan lebih cepat jika anda membuat kotak dengan menggunakan perintah Rectangle. Jadi upgrade diri anda dan jangan terpaku pada tutorial agar anda lebih hemat waktu dan lebih efisien.

Malu bertanya, sesat selamanya.


Bagi anda yang belajar AutoCAD secara otodidak, jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang bisa atau yang sudah mahir. Itu semua dimaksudkan agar anda tidak berputar - putar pada kasus yang sama terlalu lama.

Berhentilah membuang waktu anda dan bertanyalah agar masalah yang anda hadapi cepat terselesaikan dan anda bisa belajar yang lain. Ataupun anda yang mau bertanya bisa juga tanya kepada kami lewat komentar dibawah artikel ini, sebisa mungkin akan kami jawab. 

Demikian sedikit ulasan agar anda sukses belajar AutoCAD dengan benar. Semoga apa yang kami tulis dapat sedikit membuka wawasan anda dan menjadi referensi anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kunci Belajar AutoCAD Mudah dan Cepat Untuk Pemula

Dukung Kami Dengan Like Facebook Kami
×