Belajar AutoCAD Sendiri

Wednesday 9 December 2015

Cara Mengecilkan File AutoCAD dengan Mudah

Bagi seorang drafter atau designer, mengirim dan menerima file AutoCAD tentunya sudah menjadi hal biasa. Baik seorang freelance drafter ataupun bagi anda yang bekerja diperusahaan. Hal yang sering menjadi kendala adalah ukuran file yang besar. Selain kendala saat mengirim file via e-mail, ukuran file yang besar membutuhkan waktu yang lama pada saat membukanya dan akan terasa berat saat proses editing.

Ukuran file yang besar di AutoCAD disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya penggunaan block yang berlebihan. banyak menggunakan layer, Dimension style yang berlebihan, serta menumpuknya objek yang satu dengan yang lainnya. Tapi anda tidak perlu kuatir, karena di AutoCAD sendiri menyediakan perintah untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah cara mengecilkan ukuran file di AutoCAD.

mengecilkan file autocad


Memaksimalkan Fungsi Purge

Fungsi purge adalah untuk menghapus layer, dimension style, serta block yang tidak di pakai pada file anda. Saya pernah menerima file yang ukurannya hampir 20mb. Setelah saya check, ternyata banyak sekali layer dan block yang tidak digunakan, namun masih tersimpan di file. Dan setelah saya Purge dan simpan, ukuran file tersebut berkurang dan hanya tersisa 8mb saja. Berikut uraian perintah purge di AutoCAD.

perintah purge autocad


Command : PURGE, Enter
  • Pilih Purge All hingga tombol purge all tidak bisa di klik (terkadang muncul beberapa kali, tergantung seberapa banyak layer atau block yang tidak terpakai)
  • Pilih Purge this item jika pertanyaan ini muncul.

Keterangan :

  1. Purge this item :  Pilihan untuk purge item satu persatu.
  2. Purge all item : pilihan untuk purge item secara keseluruhan.
  3. Skip this item : pilihan untuk melewati item (tidak di purge).

Gunakan Perintah Overkill

Perintah Overkill digunakan untuk menghapus objek overlapping, segment, atau duplikat objek pada AutoCAD. Tentu fungsi ini dapat memperkecil file AutoCAD anda. Langkah -langkah overkill di AutoCAD sebagai berikut.

perintah overkill autocad

Command : OVERKILL, enter
  • Select Object, enter
  • Klik OK jika sudah selesai.
Demikian tadi cara memperkecil ukuran file di AutoCAD. Semoga tutorial dari kami dapat membantu anda. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengecilkan File AutoCAD dengan Mudah

Dukung Kami Dengan Like Facebook Kami
×